10:52 PM

Konsep Promosi Produk yang “SUPER”

Konsep Promosi Produk yang “SUPER”

By A Noto on Mei 10, 2010 in Artikel Promosi

Bagaimana nih… penjualan kok menurun… jangan-jangan bagian promosi perusahaan kurang efektif ?

_______________________

Pertanyaan tersebut sering dilontarkan kepada bagian promosi, dengan sigap pun mereka menjawab, ” Yang salah itu bagian yang lainnya …..”(intinya bagian lain yang di jadikan “kambing hitam”).

Hal diatas adalah realitas yang sering terjadi dunia usaha khususnya sebuah perusahaan. Pada bagian promosi sejetinya haruslah memiliki sebuag strategi yang menyeluruh dari A – Z untuk menjalankan fungsinya terhadap hubungan dengan pemasaran produk & meningkatkan image perusahaan.

Untuk itu silahkan melihat teori promosi di bawah ini :


A. Arti Definisi / Pengertian Promosi
Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.

B. Tujuan Promosi
1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

C. Promotional Mix / Bauran Promosi
Bauran promosi merupakan gabugan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebelum melakukan prmosi sebaiknya dilakukan perencanaan matang yang mencakup bauran promosi sebagai berikut :

1. Iklan seperti iklan koran, majalah, radio, katalog, poster, dll.
2. Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.
3. Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif.
4. Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dll.
5. Public relation / PR yang mengupayakan produk diterima masyarakat.
6. Personal selling / penjualan personil yang dilakukan tatap muka langsung.

________________________

Uraian diatas adalah Teori yang dihimpun dari beragam praktek di dunia usaha yang kemudian dibakukan menjadi sebuah Teori, untuk itu, agar teori tersebut dapat di aplikasikan dalam setiap usaha maka buatlah sebuag penyesuaian terhadapa kondisi dan realitas usaha Anda.

Agar lebih mudah, silahkan menjalankan Teori CoPas (Copy-Paste) Alias MenContek… untuk pemula ini layak dilakukan namun yang Cerdas ya…. sehingga tidak terlalu mencolok.

Kalau mau lebih BAIK, jadi lah TREND SETTER di dalam Produk Baru atau Konsep Promosi….. OK.

Langkah Pertama adalah Kenali perusahaan Anda dan temukan S.W.O.T nya kemudian buatlah strategi yang di mungkinkan untuk dilaksanaka…

Langkah Kedua adalah Implementasikan strategi tersebut dalam beragam Action.

Langkah Ketiga adalah EVALUASI

0 komentar:

Post a Comment